21.5.09

PRIORITAS YESUS ADALAH MISSI

PRIORITAS YESUS ADALAH MISI

Lukas 10:1-12

Bapak/ibu yang terkasih dalam Tuhan Yesus tema kita pada saat ini adalah Prioritas Yesus adalah Misi. Namun sebelum lebih jauh kita melangkah, kita mesti paham dan mengerti dengan jelas apa yang dimaksud dengan misi? Mungkin ada diantara kita yang dapat membantu kita dalam merumuskan apa itu misi …

Misi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan, oleh karena itu misi Yesus adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh Yesus dalam rangka menyelamatkan umat manusia. Kelahiran, karya-Nya dan bahkan sampai pada kematian dan kebangkitanNya merupakan rangkaian misi ditengah-tengah dunia untuk meyelamatkan manusia.

Pertanyaan bagi kita sekarang adalah apakah setelah Yesus meninggal, misiNya di tengah-tengah dunia juga selesai? Tentu tidaklah demikian. Kalau dulu penerus misi Yesus adalah para rasul, kini penerus dari misi Yesus adalah gereja. Ketika saya berbicara gereja, saya tidak sedang menunjuk pada gedung gereja, tetapi kepada gereja. Hal ini mesti jelas, sebab banyak orang Kristen yang salah pengertian. Mereka mengenal gedung gereja sebagai gereja, padahal yang dimaksud dengan gereja adalah “orang-orang yang dipanggil dari gelap masuk ke dalam terangNya yang ajaib”. Hal ini berarti saya dan kita sekalian atau kita sebagai individu dan kita sebagai perkumpulan yang lebih besar, yang merupakan pewaris dari misi Yesus.

Pertanyaan berikut bagi kita apakah gereja (saya dan saudara, termasuk persekutuan yang lebih besar) telah melaksanakan misi Yesus itu dengan benar dan dengan setia? Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita mengkaji bagaimana sebenarnya cirri-ciri atau pola misi yang Yesus lakukan di muka bumi :

1. Bersifat ke dalam dan keluar. Apa maksudnya, jika kita melihat karya Yesus, Ia memerintahkan para murid untuk pergi ke kota-kota Israel dan hanya kepada bangsa Yahudi (Mat. 10: 5-6), akan tetapi Yesus sendiri sebenarnya lebih banyak berkarya dan melakukan mujizat ditengah-tengah masyarakat non Yahudi, misalnya di Kapernaum. Apa makna bagi gereja, bahwa misi tidak hanya bersifat ke dalam gereja saja, tetapi misi juga harus diarahkan keluar gereja begitupun sebaliknya.

2. Menembus batas-batas ras, suku, kebangsaan bahkan agama sekalipun, dalam kisah orang samaria yang murah hati, Tuhan Yesus menggambarkan bagaimana semestinya kita bersikap terhadap orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Orang samaria memiliki kepercayaan yang berbeda dengan orang Yahudi, begitu juga suku mereka berbeda, sekalipun sama-sama merupakan keturunan Abraham. Apa yang bisa kita petik bahwa gereja semstinya dalam melaksanakan misinya jangan terbatas pada batas-batas agama, suku, ras dan lain sebagainya.

3. Bersifat Holistik dan Komprehensif, apa maksudnya. Holistik artinya menyeluruh. Waktu Tuhan Yesus menyembuhkan orang lumpuh apa yang pertama Ia ucapkan kepada si lumpuh? Dosamu sudah diampuni. ……

Kemudian komprehensif artinya terus-menerus, waktu seorang muris bertanya berapa kali aku harus mengampuni saudaraku, Ia menjawab 77 kali 7 kali. Apa artinya, apakah Yesus mau mengatakan bahwa ia mengampuni sampai

539 kali? Tentu tidak. ….

Apa makna bagi gereja, bahwa pelayanan misi yang dilakukan oleh gereja juga mesti bersifat menyeluruh dan berkesinambungan.

Hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah bahwa apa motivasi atau apa penyebab dari misi yang dilakukan oleh Yesus?

Jawabannya hanya satu Yoh. 3:16 ini penting sebab sekalipun 3 pola yang tadi saya paparkan sudah dilakukan oleh gereja, akan tetapi motivasinya tidak seperti motivasi Yesus, maka kita salah. Lalu motivasi kita apa ? Mat. 22:37-40.

Amin.

No comments:

Post a Comment