28.2.09

TOKOH2 ALKITAB : MARIA-SAUDARA LAZARUS

Maria saudara Lazarus vs Perempuan lain yang mengurapi Yesus TANYA :
Questions:
Matius 26: 6-13 dan Markus 14: 3-9 mencatat peristiwa yang sama: Lokasi : Betania rumah Simon si kusta Pelaku : perempuan anonim Tindakan : mengurapi kepala Yesus dengan minyak narwastu. Nah referensi dari 2 perikop diatas adalah Yoh 12:1-8, yang sepertinya peristiwanya beda: Lokasi : Betania, rumah Lazarus, Maria dan Marta Pelaku : Maria saudari Lazarus dan Marta. Tidakan : meminyaki kaki Yesus dan menyeka dengan rambutnya Nah yang terakhir ini tidak dicatat sbg referensi ke 3 perikop diatas, Lukas 7: 36-50 Lokasi : Rumah orang farisi bernama Simon (kalo dari perikop sblmnya mgkn di Nain) Pelaku : Perempuan yang terkenal berdosa Tindakan : membasuh kaki Yesus dgn air matanya, menyeka dgn rambutnya dan meminyakinya dengan minyak wangi. Pertanyaan: 1. Apakah ada 3 peristiwa berbeda dimana Yesus diurapi?  2. Apakah Maria (sdri lazarus) adalah wanita berdosa yg dimaksud dlm lukas 7: 36-50? 3. Salama ini dlm beberapa kotbah yg gw denger seolah2 Maria Magdalena yang mengurapi kaki Yesus dgn air mata dan minyak wangi. Bener ga sih? Thx utk jawabannya. GBU
JAWAB : Kemungkinannya, ada 2 peristiwa yang berbeda. mari kita kaji bersama :  * Matius 26 : 1-13 Yesus diurapi 26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:  26:2 "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."  26:3 Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas,  26:4 dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia.  26:5 Tetapi mereka berkata: "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat."  26:6 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta,  26:7 datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan.  26:8 Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini?  26:9 Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin."  26:10 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.  26:11 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.  26:12 Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku.  26:13 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."  * Markus 14:1-9 Yesus diurapi 14:1 Hari raya Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan untuk menangkap dan membunuh Yesus dengan tipu muslihat, 14:2 sebab mereka berkata: "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat." 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus. 14:4 Ada orang yang menjadi gusar dan berkata seorang kepada yang lain: "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? 14:5 Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." Lalu mereka memarahi perempuan itu. 14:6 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. 14:7 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kamu dapat menolong mereka, bilamana kamu menghendakinya, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. 14:8 Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. 14:9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."  * Lukas 7:36-50 Yesus diurapi oleh perempuan berdosa  7:36 Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan.  7:37 Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosaKetika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi.  7:38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.  7:39 Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: "Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa."  7:40 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu." Sahut Simon: "Katakanlah, Guru."  7:41 "Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh.  7:42 Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?"  7:43 Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya." Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu."  7:44 Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.  7:45 Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku.  7:46 Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.  7:47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."  7:48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."  7:49 Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?"  7:50 Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!" Versus : * Yohanes 12:1-7 Yesus diurapi di Betania 12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati.  12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus.  12:3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.  12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata:  12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"  12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.  12:7 Maka kata Yesus: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. Ada kemiripan peristiwa pengurapan oleh seorang wanita kepada Yesus Kristus di Betania, tetapi ada perbedaannya sbb : * Matius 26 : 1-13, Markus 14:1-9, Lukas 7:36-50 : - Peristiwa terjadi di rumah Simon - Peristiwa terjadi 2 hari sebelum Paskah (Matius 26:2, Markus 14:1) - Ada perempuan "anonymous" (tak disebutkan namanya) datang ke rumah Simon sambil membawa minyak wangi narwastu untuk mengurapi Yesus. * Yohanes 12:1-7 : - Peristiwa terjadi di rumah Lazarus (saudara Marta dan Maria). - Peristiwa terjadi 6 hari sebelum Paskah (Yohanes 12:1) - Maria saudara Lazarus yang termasuk tuan rumah mengurapi Yesus dengan minyak narwastu. Perhatikan Maria dan saudaranya Marta melayani, sedangkan Lazarus ada bersama dengan Yesus (Yohanes 12: 2) --> ketiga orang bersaudara (Maria, Marta dan Lazarus) ini menjadi host dalam jamuan makan ini.  Walaupun terdapat kemiripan kisah yang ditulis oleh Yohanes dalam Yohanes 12:1-7, dengan apa yang ditulis oleh Matius, Markus dan Lukas. Namun jelas waktu pelaksanaannya berbeda (2 hari sebelum Paskah vs 6 hari sebelum Paskah). Matius, Markus dan Lukas menulis dengan jelas bahwa Yesus makan di rumah Simon kemudian seorang perempuan tiba-tiba (tanpa diundang) datang mengurapi Yesus.  Perempuan yang ditulis oleh Matius, Markus dan Lukas ini, adalah perempuan yang berdosa, yang tidak diundang, tidak disebut namanya, datang dari tempat lain, yang digambarkan sebagai seorang yang sangat menyesal.  Sedangkan perempuan lainnya yang ditulis dalam Yohanes 12:1-7 adalah figur yang amat dikenal, yaitu Maria saudara Lazarus dan Marta, yang secara mendalam mengabdi kepada Yesus dan bersesuaian karakternya yang tertulis dalam Lukas 10:38-42. Perhatikan dalam Yohanes 12:2 yang bersesuaian dengan Lukas pasal 10 menulis bahwa Marta, kakak dari Maria melayani Yesus dalam perjamuan itu. Dan Maria ini adalah salah satu host (tuan rumah) dalam perjamuan itu. Perhatikan siapakah "perempuan anonymous" yang tertulis dalam Matius 26 : 1-13, Markus 14:1-9, Lukas 7:36-50 : mengisyaratkan perempuan yang meminyaki Yesus itu tiba-tiba datang dan ia tidak diundang, lebih jelas dalam Lukas 7:50 Yesus memberikan berkat 'pengampunan dosa' dan mempersilahkan perempuan itu pergi (mengisyaratkan perempuan itu tidak tinggal di tempat dimana diadakan perjamuan itu). Apakah "Perempuan anonymous" itu adalah Maria Magdalena? "Perempuan yang anonymous" ini ditafsirkan oleh beberapa theolog sebagai "Maria Magdalena" atau Maria dari desa Magdala. Desa Magdala terletak di daerah Galilea. Namun menafsirkan "perempuan" di Matius 26 : 1-13, Markus 14:1-9, Lukas 7:36-50 sebagaiMaria Magdalena tidak mempunyai dasar bukti literal Alkitabiah, mengingat perempuan dalam catatan Matius, Markus dan Lukas itu "anonymous"Image Maria Saudara Lazarus vs "Perempuan anonymous" Berbeda sekali antara "perempuan anonymous" dengan sosok yang sudah dikenal namanya sebagai "Maria saudara Marta dan Lazarus" dalam Injil Yohanes. Dan peristiwa yang ditulis oleh Yohanes mengisyaratkan bahwa "Maria saudara Marta dan Lazarus" adalah salah satu 'host' (tuan-rumah) dalam jamuan makan itu; sedangkan apabila ia berada di rumah Simon, tentu Maria dan Marta bukan sebagai 'host'.  Maka oknum perempuan dalam Matius Matius 26 : 1-13, Markus 14:3-9, Lukas 7:36-50 bukanlah Maria saudara Lazarus dari Bethania yaitu suatu desa yang terletak di sisi Bukit Zaitun ± 3 km dari Yerusalem. Terlebih lagi Alkitab kita menulis jelas kapan peristiwanya terjadi, kalau Maria saudara Lazarus mengurapi Yesus lebih dulu, yaitu 6 hari sebelum paskah di rumahnya sendiri. "perempuan anonymous" itu mengurapi Yesus 2 hari sebelum Paskah di rumah seorang yang bernama Simon. Jadi jelas disini ada 2 peristiwa yang berbeda.

TANYA :
Questions:
Thanks  Tapi kurang kenyang ni sarapannya =p Boleh nambah ya... hehehe... Anda mengasumsikan ada 2 peristiwa berbeda di mana Yesus diurapi, yaitu: 1. Dua hari sebelum paskah (yang dicatat dalam Matius 26: 1-13, Markus 14: 1-9 dan Lukas 7: 36-50) 2. Enam hari sebelum paskah (Yoh 12: 1-7) Tapi saya bandingkan ada perbedaan yang mencolok dalam catatan lukas jika dibanding dengan Matius dan Markus Matius 26:6. Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, 26:7 datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. Markus 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.  Lukas 7:36. Seorang Farisi (bernama Simon) mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan. 7:37 Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi. 7:38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu. Nah kita sepakat kalo Matius dan Markus mencatat peristiwa yamg sama yaitu: Terjadi di Betania rumah Simon si kusta, seorang perempuan mengurapi kepala Yesus dengan minyak. Tapi lukas mencatat hal yang beda: Terjadi di rumah Simon orang farisi, seorang perempuan meminyaki kaki Yesus (bukan kepala Yesus spt yang ditulis Matius & Markus). nah terakhir kita sepakat bahwa injil Yohanes mencatat peristiwa yang beda lagi yaitu: Di rumah Lasarus, maria mengurapi kaki Yesus. Nah jadi kalo berdasar ayat di atas berarti ada 3 peristiwa berbeda ya di mana Yesus diurapi?. Bagaimana menurut anda bro?Thx
JAWAB : Jawaban saya diatas menyebut "kemungkinan", yaitu "kemungkinan 2 peristiwa yang berbeda". Kemungkinan bukan kemutlakan, Anda boleh saja menganggap 3 peristiwa yang berbeda, sepanjang itu hanya "kemungkinan". Kita hanya dapat mengatakan suatu "kemutlakan" jika data-datanya jelas-jelas ada dan mendukung. Bagaimanapun Matius 26 : 1-13 dan Markus 14:1-9 VS Lukas 7:36-50 ada kesamaan yaitu nama tuan rumah Simon dan datangnya perempuan yang tak diundang membawa minyak wangi. Setiap penulis Injil dapat menulis dalam sudut pandangnya masing-masing, kadang berbeda, kalau seragam dan sama persis, ngapain ada 4 Injil ditulis?. Matius, Markus, Lukas, Yohanes memang tidak selalu mencatat suatu kisah dengan data yang sama, coba bandingkan kisah-kisah lain, misalnya ada berapa keledai yang dibawa kepada Yesus untuk masuk ke Yerusalem? Dan mengapa ke-4 Injil menulis peristiwa penyaliban yang berbeda-beda? Kalau ke-4 Injil menulis sesuatu yang berbeda-beda, itu bukan suatu kontradiksi dan bukan selalu peristiwa yang berbeda, setiap penulis mempunyai sudut pandangnya masihng-masing. Berbeda dengan Matius dan Markus dalam peristiwa pengurapan di rumah Simon. Lukas bisa saja hanya memfokuskan pengurapan kaki Yesus (saja) yang menurutnya sebagai suatu ungkapan perendah-dirian dan pertobatan atas dosa-dosanya yang sangat dalam. Sedangkan Matius dan Markus lainnya memfokuskan "pengurapan" yang lazim dalam budaya Yahudi, yaitu pengurapan di kepala sebagai mana layaknya Raja yang diurapi. Dan tetap ada kemungkinan pengurapan tidak hanya di kepala saja tetapi juga kemudian pada kaki (kedua-duanya). Untuk itulah setiap jawaban pada pertanyaan Anda, kita hanya dapat menjawabnya dengan "kemungkinan", bukan "kemutlakan".

No comments:

Post a Comment