28.2.09
TOKOH2 ALKITAB : YESAYA
YESAYA - ISAIAH - YESYA'YAHU Yesaya, (Ibrani, ישעיה - YESYAYAH atau ישעיהו - YESYA'YAHU; Inggris: "ISAIAH". Dari kata ישע - YASYA', menyelamatkan, dan יה - YAH TUHAN; sehingga Yesaya artinya : TUHAN sudah menyelamatkan. Ada beberapa Tokoh PL yang bernama ישעיהו - YESYA'YAHU : - Nabi besar Israel, putra Amos; - Putra Hananya, saudara Pelaca, cucu Zerubabel; - Seorang Benyamin; - Salah satu dari 6 putra Yedutun; - Putra Rehabya, keturunan Musa melalui Gersom; - Putra Atalya, dan pemimpin kaum keluarga Elam yang kembali bersama Ezra; - Pemimpin keturunan Merari yang kembali bersama Ezra. Nabi Yesaya : * 2 Raja-raja 19:2 LAI TB, Disuruhnyalah juga Elyakim, kepala istana, Sebna, panitera negara, dan yang tua-tua di antara para imam, dengan berselubungkan kain kabung, kepada nabi Yesaya bin Amos. KJV, And he sent Eliakim, which was over the household, and Shebna the scribe, and the elders of the priests, covered with sackcloth, to Isaiah the prophet the son of Amoz. Hebrew, וַיִּשְׁלַח אֶת־אֶלְיָקִים אֲשֶׁר־עַל־הַבַּיִת וְשֶׁבְנָא הַסֹּפֵר וְאֵת זִקְנֵי הַכֹּהֲנִים מִתְכַּסִּים בַּשַּׂקִּים אֶל־יְשַׁעְיָהוּ הַנָּבִיא בֶּן־אָמֹוץ׃ Translit., VAYISYLAKH 'ET-'ELYAQIM 'ASYER-'AL-HABAYIT VESYEVNA' HASOFER VE'ET ZIQNEY HAKOHANIM MITKASIM BASAQIM 'EL-YESYA'YÂHU HANAVÎ' BEN-'AMOTS * Yesaya 1:1 LAI TB, Penglihatan yang telah dilihat Yesaya bin Amos tentang Yehuda dan Yerusalem dalam zaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda. KJV, The vision of Isaiah the son of Amoz, which he saw concerning Judah and Jerusalem in the days of Uzziah, Jotham, Ahaz, and Hezekiah, kings of Judah. Hebrew, חֲזֹון יְשַׁעְיָהוּ בֶן־אָמֹוץ אֲשֶׁר חָזָה עַל־יְהוּדָה וִירוּשָׁלִָם בִּימֵי עֻזִּיָּהוּ יֹותָם אָחָז יְחִזְקִיָּהוּ מַלְכֵי יְהוּדָה׃ Translit., KHAZON YESYA'YAHU VEN-'AMOTS 'ASYER KHAZAH 'AL-YEHUDAH VIRUSYALAM BIMEI 'UZIYAHU YOTAM 'AKHAZ YEKHIZKIYAHU MALKHEI YEHUDAH Nabi Yesaya putra Amos (Ibrani אמוץ - 'AMOTZ), harus dibedakan dari nabi Amos, (Ibrani, עמוס - 'AMOS), tinggal di Yerusalem (Yesaya 7:1-3; 37:2). Menurut tradisi Yahudi, dia berasal dari keluarga raja; berdasarkan cerita-cerita dan ucapan-ucapan ilahi dalam kitabnya, kadang-kadang disimpulkan bahwa bagaimanapun juga dia adalah keturunan bangsawan; tapi tidak ada kepastian mengenai hal ini. Seperti nyata dalam pendahuluan Yesaya (Yesaya 1: I), dia bernubuat pada zaman Uzia (7911790-7401739 sM, Yotam (740 / 739 – 732 / 731 sM), Ahas (735- 716 / 715 sM), dan Hizkia (716 / 715 – 687 / 686 sM). (Kurun waktu pemerintahan ini disesuaikan dengan pendapat E.R Thiele.) Yesaya dipanggil menjadi nabi 'dalam tahun matinya raja Uzia' (Yesaya 6:1), yaitu tahun 740 / 739 sM; penampilannya yg terakhir dapat dipastikan yakni pada waktu Sanherib menyerang Yerusalem thn 701 sM (atau kira-kira 688 sM, jika diterima teori bahwa Sanherib mengepung Yerusalem dua kali). Menurut tradisi dia digergaji hancur remuk pada pemerintahan Manasye (lihat Martyrdom of Isaiah, ps 5, yang ditulis lama kemudian sesudah zaman Yesaya); ada orang yang melihat hal ini teracu dalam Ibrani 11:37, tapi pengacuan itu tidaklah pasti, dan tradisi itu nampaknya tidak mempunyai asas historis yang kuat. Mungkin sekali Yesaya hidup sampai pada pemerintahan Mienasye; ketidak-adaan nama Manasye dalam Yesaya 1:1 mungkin berarti bahwa Yesaya tidak berperan di depan umum sesudah Manasye menjadi raja. Yesaya menikah; istrinya disebut dalam Yesaya 8:3, mungkir dia bernubuat juga. Dua anaknya disebut, dan keduanya diberi nama simbolis (Yesaya 8:18) – שאר ישוב - SYE'AR YASYUV, 'Sisa itu akar kembali' (Yesaya 7:3) dan מהר שלל חש בז - MAHER SYALAL KHASY BAZ, 'Percepatlah; merampas, bersegeralah merampok' (Yesaya 8:1-4). Yesaya dan Mikha sezaman (bandingkan Yesaya 1:1 dengan Mika 1:1). Aktivitas Yesaya didahului oleh aktivitas Amos dan Hosea (Amos 1:1; Hosea 1:1), Amos dan Hosea bernubuat terutarra kepada suku-suku utara; Yesaya dan Mikha mengalamatkan nubuat mereka terutama ke Yehuda dan Yerusalem (Yesaya 1:1). Pada paroan pertama abad 8, baik Israel pada pemerintahan Yerobeam II (± 782- 753 sM), maupun Yehuda pada pemerintahan Uzia, menikmati masa makmur raya. Keadaan ini sebagian besar adalah akibat lemahnya kerajaan Aram dan alpanya campur tangan Asyur di wilayah barat untuk jangka waktu yang agak lama. Pemerintahan Uzia boleh dikatakan sebagai masa paling makmur yang dikenal Yehuda, setelah kekacauan menimpa kerajaan itu sesudah kematian Salomo. Zaman Uzia dan Yotam kemakmuran dan kemewahan berkelimpahan di Yehuda; keadaan ini digambarkan dalam Yesaya 2-4. Tapi naiknya Tiglat-Pileser III (745-727 sM) di takhta kerajaan, memacu Asyur kembali mengembangkan sayapnya di wilayah barat. Pekah dari Israel dan Rezin dari Aram membentuk koalisi anti-Asyur. Mereka berusaha memaksa Ahas dari Yehuda bergabung dengan mereka. Karena Ahas menolak, mereka mengancam akan menyingkirkannya dan menempatkan raja boneka menduduki takhta Ahas (734 sM). Tindakan Yesaya pada waktu ini diberitakan dalam ps 7. Ahas melakukan dosa kebodohan dengan meminta bantuan dari raja Asyur; akibatnya Yehuda menjadi negara satelit Asyur. Pada thn 732 sM Asyur merebut Damsyik dan mencaplok wilayah Israel bagian utara dataran Yizreel, dan membiarkan sisa daerah kerajaan Utara diperintah oleh Hosea, sebagai pengikut Asyur. Sewaktu Hosea memberontak, Salmaneser V (727-722 sM) mengepung Samaria, dan penggantinya, Sargon II (722-705 sM), merebut Samaria Dada tahun ia naik takhta. Sesudah peritiwa di atas, beberapa kali lagi gerakan kemerdekaan dilancarkan menentang kekuasaan Asyur. Pada peristiwa-peristiwa itu Yesaya - yang untuk sementara waktu undur dan membatasi kegiatannya hanya di lingkungan kecil sesudah protesnya menentang politik luar negeri Ahas pada thn 734 sM tidak digubris (Yesaya 8:16 dab) - tampil memperingatkan Yehuda karena terlibat dalam gerakan politik yg sama, khususnya pengandaian atas bantuan Mesir. Menurut Yesaya 14:29, pada tahun kematian Ahas, orang Filistin mengutus delegasi ke Yerusalem untuk menyusun persekutuan anti-Asyur; menentang kegiatan ini Yesaya kembali melancarkan peringatan (Yesaya 14:29-32). Pada zaman Hizkia juga timbul gerakan-gerakan sejenis, khususnya menonjol pemberontakan Asdod, yang dipatahkan pada tahun 711 sM, sewaktu orang Asyur mengepung dan merebut Asdod (bandingkan Yesaya 20:1). Yehuda dan Mesir terlibat dalam pemberontakan ini. Mungkin sekali bahwa tarikh Yesaya 18 adalah waktu ini; pada waktu itu suatu dinasti Etiopia memerintah di Mesir. Setelah Sargon meninggal, pemberontakan-pemberontakan timbul menentang penerusnya, Sanherib (705 - 681 sM). Yehuda adalah salah satu negara yang memberontak itu, dan pemberontakan itu memancing Sanherib tahun 701 sM menyerbu Yehuda dan mengepung Yerusalem. Berbagai ucapan ilahi dalam Yesaya ps 28-31 boleh jadi bertarikh 705-70 I sM, termasuk tempelakan mengandalkan Mesir dalam Yesaya 30:1-7; 31:1-3. Yesaya pasal 36 dan 37 mencatat ancaman Sanherib terhadap Yerusalem, pembalasan Yerusalem dan aktivitas Yesaya selama waktu bahaya Pasal 38 dan 39, yang mungkin berhubungan dengan periode yang sama, melaporkan Hizkia sakit dan kesembuhannya, juga utusan dari Merodakh-Baladan Nabi yang telanjang: Yesaya 20:1-6 mencatat bahwa Yesaya adalah nabi yang "telanjang". * Yesaya 20:2-3 20:2 LAI TB, pada waktu itu berfirmanlah TUHAN melalui Yesaya bin Amos. Firman-Nya: "Pergilah dan bukalah kain kabung dari pinggangmu dan tanggalkanlah kasut dari kakimu," lalu ia pun berbuat demikian, maka berjalanlah ia telanjang dan tidak berkasut KJV, At the same time spake the LORD by Isaiah the son of Amoz, saying, Go and loose the sackcloth from off thy loins, and put off thy shoe from thy foot. And he did so, walking naked and barefoot. Hebrew, בָּעֵת הַהִיא דִּבֶּר יְהוָה בְּיַד יְשַׁעְיָהוּ בֶן־אָמֹוץ לֵאמֹר לֵךְ וּפִתַּחְתָּ הַשַּׂק מֵעַל מָתְנֶיךָ וְנַעַלְךָ תַחֲלֹץ מֵעַל רַגְלֶיךָ וַיַּעַשׂ כֵּן הָלֹךְ עָרֹום וְיָחֵף׃ ס Translit., BA'ET HAHI DIBER YEHOVAH (baca ADONAY) BEYAD YESYA'YAHU VEN-'AMOTS LEMOR LEKH 'UFITAKHTA HASAQ ME'AL MATNEIKHA VENA'ALKHA TAKHALOTS ME'AL RAGLEIKHA VAYA'AS KEN HALOKH 'AROM {telanjang} VEYAKHEF {dan telanjang kaki} 20:3 LAI TB, Berfirmanlah TUHAN: "Seperti hamba-Ku Yesaya berjalan telanjang dan tidak berkasut tiga tahun lamanya sebagai tanda dan alamat terhadap Mesir dan terhadap Etiopia, KJV, And the LORD said, Like as my servant Isaiah has walked naked and barefoot three years for a sign and wonder on Egypt and on Ethiopia; Hebrew, וַיֹּאמֶר יְהוָה כַּאֲשֶׁר הָלַךְ עַבְדִּי יְשַׁעְיָהוּ עָרֹום וְיָחֵף שָׁלֹשׁ שָׁנִים אֹות וּמֹופֵת עַל־מִצְרַיִם וְעַל־כּוּשׁ׃ Translit., VAYOMER YEHOVAH KA'ASYER HALAKH 'AVDI YESYA'YAHU 'AROM {telanjang}VEYAKHEF {dan telanjang kaki} SYALOSY SYANIM 'OT 'UMOFET 'AL-MITSRAYIM VE'AL-KUSY Apakah Yesaya telanjang dalam arti "telanjang bulat" atau bukan? Perkiraan terjadinya adalah tahun 711 sM, Yesaya "telanjang", diperkirakan ia hanya memakai cawat. Kata terjemahan "Telanjang" dalam Akitab terjemahan LAI, dari kata Ibrani ערום - 'AROM. Mari kita cek dalam Perjanjian Lama di ayat-ayat yang lain, sbb : * Kejadian 2:25 LAI TB, Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu. KJV, And they were both naked, the man and his wife, and were not ashamed. Hebrew, וַיִּהְיוּ שְׁנֵיהֶם עֲרוּמִּים הָאָדָם וְאִשְׁתֹּו וְלֹא יִתְבֹּשָׁשׁוּ׃ Translit, VAYIHYU SYENEIHEM 'ARUMIM HA'ADAM VE'ISYTO VELO YITBOSYASYU Kata Telanjang, dari kata Ibrani ערום - 'AROM : * Kejadian 3:10 LAI TB, Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi." KJV, ,And he said, I heard thy voice in the garden, and I was afraid, because I was naked; and I hid myself. Hebrew, וַיֹּאמֶר אֶת־קֹלְךָ שָׁמַעְתִּי בַּגָּן וָאִירָא כִּי־עֵירֹם אָנֹכִי וָאֵחָבֵא׃ Translit, VAYOMER 'ET-QOLKHA SYAMATI BAGAN VA'IRA KI-EIROM ANOKHI VA'EKHAVE * Ayub 1:21 LAI TB, katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" KJV, ,And said, Naked came I out of my mother's womb, and naked shall I return thither: the LORD gave, and the LORD hath taken away; blessed be the name of the LORD. Hebrew, וַיֹּאמֶר עָרֹם [כ יָצָתִי] [ק יָצָאתִי] מִבֶּטֶן אִמִּי וְעָרֹם אָשׁוּב שָׁמָה יְהוָה נָתַן וַיהוָה לָקָח יְהִי שֵׁם יְהוָה מְבֹרָךְ׃ Translit, VAYOMER 'AROM YATSATI YATSATI MIBETEN IMI VE'AROM ASYUV SYAMA YEHOVAH NATAN VA'YEHOVAH LAKAKH YEHI SYEM YEHOVAH MEVORAKH Bentuk kata lain untuk telanjang : * Kejadian 9:21 LAI TB, Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya. KJV, ,And he drank of the wine, and was drunken; and he was uncovered within his tent. Hebrew, וַיֵּשְׁתְּ מִן־הַיַּיִן וַיִּשְׁכָּר וַיִּתְגַּל בְּתֹוךְ אָהֳלֹה׃* Translit, VAYESYTE MIN-HAYAYIN VAYISYKAR VAYITGAL (dari kata GALAH, uncovered/tripped, tidak berpakaian) BETOKH AHOLOH Tidak berbusana, "uncovered", Stripped, Ibrani גלה - GALAH. ----- kata Ibrani ערום - 'AROM (bandingkan kata Yunani "γυμνος – gumnos"), tidak selalu bermakna telanjang dalam artian tidak berpakaian sama sekali (stripped), contoh ayat : * 1 Samuel 19:24 LAI TB, Ia pun menanggalkan pakaiannya, dan ia pun juga kepenuhan di depan Samuel. Ia rebah terhantar dengan telanjang sehari-harian dan semalam-malaman itu. Itulah sebabnya orang berkata: "Apakah juga Saul termasuk golongan nabi?" KJV, And he stripped off his clothes also, and prophesied before Samuel in like manner, and lay down naked all that day and all that night. Wherefore they say, Is Saul also among the prophets? Hebrew, וַיִּפְשַׁט גַּם־הוּא בְּגָדָיו וַיִּתְנַבֵּא גַם־הוּא לִפְנֵי שְׁמוּאֵל וַיִּפֹּל עָרֹם כָּל־הַיֹּום הַהוּא וְכָל־הַלָּיְלָה עַל־כֵּן יֹאמְרוּ הֲגַם שָׁאוּל בַּנְּבִיאִם׃ ף Translit, VAYIFSYAT GAM-HU BEGADAV VAYITNABE GAM-HU LIFNEY SYEMU'EL VAYIPOL 'AROM KOL-HAYOM HAHU VEKHOL-HALAYLAH AL-KEN YOMRU HAGAM SYA'UL BANVI'IM Note: Saul tidak "telanjang" dalam 1 Samuel 19:24 dalam pengertian tanpa busana sama sekali, melainkan mencopot pakaian kebesarannya. Kata 'AROM yang diterjemahkan 'naked' juga berlaku buat mereka yang tidak bersenjata. Contoh lain "telanjang" yang tidak bermakna "tanpa busana sama sekali", misalnya : * Matius 25:36 LAI TB, ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. KJV, , Naked, and ye clothed me: I was sick, and ye visited me: I was in prison, and ye came unto me. TR, γυμνος και περιεβαλετε με ησθενησα και επεσκεψασθε με εν φυλακη ημην και ηλθετε προς με Translit, gumnos kai periebalete me êsthenêsa kai epeskepsasthe me en phulakê hêmên kai êlthete pros me * 1 Korintus 4:11 LAI TB, Sampai pada saat ini kami lapar, haus, telanjang, dipukul dan hidup mengembara, KJV, , Even unto this present hour we both hunger, and thirst, and are naked, and are buffeted, and have no certain dwellingplace; TR, αχρι της αρτι ωρας και πεινωμεν και διψωμεν και γυμνητευομεν και κολαφιζομεθα και αστατουμεν Translit, akhri tês arti hôras kai peinômen kai dipsômen kai gumnêteuomen kai kolaphizometha kai astatoumen ----- Nabi Yesaya yang "telanjang" adalah suatu tindakan simbolis merupakan sarana yang disukai para nabi untuk mengungkapkan pesan mereka. Dalam kasus lain kita juga dapat melihat kisah Hosea menikah dengan seorang pelacur (lihat Artikel : Hosea Menikah dengan Pelacur, di hosea-menikah-dengan-pelacur-vt2085.html ). Dalam kasus lain juga tercatat bahwa Yehezkiel melakukan tindakan-tindakan aneh, termasuk mempergunakan kotoran untuk memasak makanannya (Yehezkiel 4). Di sini kita membaca Yesaya berjalan-jalan telanjang selama tiga tahun pada waktu pemherontakan Asdod (713 sM). Ini tanda bahwa Mesir dan Etiopia akan jatuh ke tangan Asyur dan para tawanan akan dibawa pergi dengan telanjang. Tindakan simbolis ini seperti teater jalanan. Ini menarik perhatian dan menyajikan sesuatu yang lebih kuat daripada kata-kata kepada khalayak. Bagaimana reaksi orang-orang, itu tergantung pada mereka. Pertama-tama mereka harus mencari apa yang dimaksudkan, kemudian memutuskan apa yang mau dilakukan. Dalam hal ini tanda itu dibuat bukan untuk orang Mesir atau Etiopia. melainkan untuk menunjukkan kepada orang-orang Yehuda dan daerah pantai kebodohan mereka karena menggantungkan diri kepada orang Mesir. Mesir memang tidak dikalahkan, tetapi negara itu juga tidak melindungi para pemberontak. Peringatan Yesaya terjadi.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment